Sunday, August 16, 2009

Apakah Anda Kelebihan Berat Badan

Semua orang ingin memiliki berat badan yang ideal. Karena dengan memiliki berat badan yang ideal, kita merasa percaya diri, badan terasa sehat dan tentunya terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk mengetahui apakah Anda memiliki berat tubuh yang ideal, mari uji berat badan Anda.

Apakah Anda kelebihan berat badan?

Perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Kelebihan berat badan atau kegemukan disebabkan bila makanan yang dikonsumsi mengandung energi yang melebihi kebutuhan tubuh. Kelebihan energi tersebut akan disimpan tubuh sebagai cadangan energi dalam bentuk lemak yang menyebabkan seseorang menjadi gemuk.

Apakah Anda memiliki tubuh seperti pir?

Pada umumny perempuan memiliki bentuk tubuh seperti buah pir karena timbunan lemak lebih banyak berada disekitar pinggul. Orang yag memiliki tubuh seperti ini memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung, hipertensi dan kencing manis dibandingkan dengan orang yang memiliki tubuh seperti buah apel.

Apakah Anda memiliki tubuh seperti buah apel?

Bentuk tubuh seperti buah apel biasanya dijumpai pada laki-laki. Bentuk tubuh seperti ini disebabkan karena konsentrasi lemak terdapat disekitar pinggang. Orang yang memiliki bentuk tubuh seperti ini berisiko tinggi terkena penyaki tjantung, hipertensi dan kencing manis.

Ikuti serangkaian ujian dibawah ini untuk mengetahui apakah diri Anda kelebihan berat badan atau terlalu gemuk atau tidak.

1. Berkacalah

Berkacalah didepan cermin dan lihat apakah Anda tampak gemuk?

2. Cubitlah

Cubitlah kulit disamping pinggang atau bagian bawah lengan Anda. Bila lipatannya lebih tebal dari 2,5 cm maka kemungkinan Anda kelebihan lemak.

3. Indeks Masa Tubuh (IMT)

Dihitung dengan rumus berat badan (kg) / tinggi badan (m). Perhitungan IMT ini kerap kali dilakukan karena berkaitan erat dengan kandungan lemak tubuh dan sebagai indikasi risiko terjangkit penyakit penyerta.

4. Bentuk Tubuh (Perbandingan Pinggang Panggul)

Perbandingan pinggang –panggul (Waist_Hip Ratio / WHR) menunjukkan dimana lemak tubuh Anda terkumpul. Meskipun bentuk tubuh Anda tidak bisa diubah, namun Anda bisa mengurangi lemak pada tubuh Anda. Perbandingan WHR (ukuran pinggang : ukuran panggul) yang ideal adalah 1:1 atau kurang untuk laki-laki dan 0,8: 1 atau kurang untuk perempuan.


Turunkan kelebihan berat badan atau kegemukan Anda

Setelah menguji diri Anda sendiri, sekarang Anda bisa melihat apakah Anda Kelebihan berat badan atau tidak. Bila Anda kelebihan berat badan, kini saatnya Anda menurunkan berat badan. Alasannya, bila Anda kelebihan berat badan atau terlampau gemuk maka penampilan jadi kurang menarik, lamban, berisiko terserang berbagai penyakit seperti jantung koroner, darah tinggi, kencing manis dan berbagai macam penyakit lainnya.

Cara menurunkan berat badan

1. Diet

Diet yang benar adalah makan 2-3 kali sehari secara teratur dengan gizi seimbang.

Kurangi makanan yang mengandung sumber energi .

Kurangi makanan berenergi tinggi seperti makanan berminyak, berlemak dan bersantan.

Kurangi makanan yang manis.

Perbanyak makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah.

Hindari minuman alkohol.

2. Olahraga

Olahraga secara teratur minimal 3 kali seminggu. Cukup berolahraga semalam setangah sampai satu jam agar badan tetap fit.

Olahraga sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan Anda.

Tingkatkan kegiatan fisik sehari-hari.

3. Perubahan perilaku

Bulatkan tekad Anda dalam usaha menurunkan berat badan dengan motivasi dan disiplin tinggi.