Sunday, August 16, 2009

Dokter Gigi Perlu Tahu Kondisi Jantung Anda

Untuk Anda yang memiliki masalah dengan jantung atau pernah menjalani operasi jantung dan sedang mengalami sakit gigi, sebelum berobat, pastikan dulu dokter gigi mengetahui kondisi jantung Anda. Kenapa?

Ketika gigi Anda diobati dan terjadi pendarahan di mulut, bakteri pada mulut akan berjalan-jalan dengan bebasnya menuju jantung Anda. Untuk mereka yang punya penyakit jantung kondisi ini menyebabkan beberapa resiko seperti endocarditis –peradangan serius di jaringan atau katup jantung.

Asosiasi Jantung Amerika (American Heart Association) dan Asosiasi Dokter Gigi Amerika (American Dental Association) menerbitkan buku panduan untuk membantu sekaligus melindungi pasien yang memiliki resiko terjangkit bacterial endocarditis. Buku ini merekomendasikan penggunaan antibiotik sebelum perawatan gigi, berdasarkan kondisi medis dan perawatan gigi yang akan mereka terima.

Tindakan premedication – penggunaan antibiotik sebelum perawatan- perlu dilakukan dalam prosedur perawatan gigi seperti pembersihan gigi, extractions; pengirisan dan drainase yang terinfeksi lisan jaringan, serta tindakan beberapa jenis suntikan, dan beberapa operasi gigi.

Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang harus diketahui dokter gigi sebelum melakukan pengobatan terhadap gigi;

- Melakukan operasi jantung enam bulan sebelumnya.
- Melakukan operasi vaskular enam bulan sebelumnya
- Memakai alat pacu jantung
- Memiliki sejarah demam rematik
- Memiliki sejarah penyakit hati
- Pernah terjangkit bakteri endocarditis
- Memiliki penyakit jantung bawaan
- Menderita disfungsi valvular
- Terdiagnosa penyakit jantung lainnya

Ada baiknya dokter gigi Anda berkonsultasi dengan dokter atau kardiolog langganan Anda untuk menentukan antibiotika yang tepat untuk Anda. Catat baik-baik obat yang Anda konsumsi dan ikuti petunjuk pemakaian dosis dan frekuensi obat.